OLAH RAGA SALAH SATU MENU UTAMA DIABETESI


By.Muhammad Muttaqin, AMK
Bila gelar Diabetesi sudah Anda miliki, berarti Anda perlu berhati-hati dalam segala hal agar kadar gula darah tetap terkendali, seperti mengatur pola makan, rajin konsultasi ke dokter dan tentu saja perlu untuk berolah raga secara teratur.tiga cara tersebut bisa dibilang sebagai langkah sehat dan jitu guna membentengi diri dari penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa dikendalikan ini. Pada prinsipnya, olah raga yang perlu dilakukan oleh diabetesi tidak jauh berbeda dengan non diabetesi. Olahraga rutin akan membantu membakar kalori, sehingga gula darah tetap terkendali, dan berat badanpun tetap terjaga. Untuk menentukan jenis olahraga apa yang baik untuk Anda, konsultasi dengan dokter sudah menentukan jenis olahraga, Anda perlu melakukan olahraga ini secara teratur dan seimbang agar tidak terjadi efek samping seperti hipoglikemia (menurunnya kadar gula darah). Kadar gula darah yang tidak terkontrol dan terjadi terus menerus bisa mengakibatkan berbagai komplikasi, seperti : Neuropati, yang membuat syaraf-syaraf terganggu sehingga timbul rasa kesemutan dan baal. Arteriosklerosis, pembuluh darah tersumbat yang dapat menimbulkan serangan jantung dan stroke. Kelainan pada mata, misalnya diabetik retinopati yaitu kerusakan pembuluh darah mata (glaukoma), dan kekeruhan lensa mata (katarak). Kelainan pada ginjal sehingga ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya seperti sedia kala, yaitu membuang zat-zat yang sudah tidak terpakai lagi oleh tubuh. Olahraga Bagi DiabetesiAda beberapa jenis olahraga yang bersifat aerobik yang cocok bagi diabetesi, antara lain:
1. Berjalan kaki.
2. Bersepeda.
3. Jogging.
4. Dansa.
5. Berenang.
Lakukan olahraga dengan : Bertahap, dari intensitas ringan hingga sedang. Mengenakan pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman. Mengajak semua anggota keluarga agar olahraga yang Anda lakukan akan lebih baik.
Prinsip Olahraga : Memungkinkan Anda perlu tahu mengenai prinsip seputar olahraga yang disingkat dengan FITT. Bila Anda sudah mengadopsi prinsip ini, resiko cedera pun bisa Anda hindari. Apa arti FITT tersebut?
F = Frekuensi, berapa kali Anda perlu berolahraga. Anda perlu melakukan minmal tiga kali seminggu.
I = Intensitas, seberapa berat Anda perlu berolahraga. Ringan hingga berat, Anda perlu melakukannya sesuai anjuran dokter.
T = Time, waktu,berapa lama Anda perlu berolahraga. Minimal Anda perlu berlahraga selama 30 menit.
T = Type, jenis, jenis olahraga apa yang cocok untuk Anda.pilihlah olahraga yang bersifat aerobik,misalnya jalan kaki.
Jadi, manfaat olahraga bagi diabetesi, antara lain: Mengendalikan kadar gula darah. Membantu mengurangi risiko timbulnya komplikasi. Membantu menurunkan tekanan darah. Menjaga berat badan agar tetap dalam hitungan ideal atau seimbang. Menambah kebugaran. Mengurangi kadar stress. Tunggu apa lagi? Segera luangkan waktu 30menit untuk berolahraga!

Komentar

Postingan Populer