RADANG USUS BUNTU


Hati - hati ! bila kamu merasakan perut yang sakit dan telah diberi obat maag tapi tidak juga sembuh - sembuh, apalagi rasa sakit terfokus atau berpusat di perut kanan bawah!, mungkin kamu terkena radang usus buntu atau yang dikenal juga dengan istilah APENDIXCITIS. Radang usus buntu dapat menyerang siapa saja tidak pandang bulu apakah dia orang kota atau yang tinggal di desa. Gejalanya biasanya seperti sakit maag sehingga penderita sering mengabaikannya. Gejala di rasakan cenderung mendadak dan biasanya akan terus meningkat.



Tanda-tanda Usus Buntu

Gejalanya antara lain: Biasanya rasa nyeri dimulai pada perut bagian tengah (seperti penyakit maag), dan akan menjalar keperut bagian bawah kanan. rasa sakit semakin meningkat, sehingga pada saat berjalanpun penderita akan merasakan sakit yang mengakibatkan badan akan mengambil sikap membungkuk pada saat berjalan. Bila radang semakin meluas dapat menimbulakan rasa mual, bahkan muntah, dan nafsu makan akan segera menurun. Demam akan segera timbul apabila radang tidak segera mendapat pengobatan yang tepat.

Bila si penderita kurang peduli maka keadaan akan semakin gawat sehingga dapat menyebabkan pecahnya usus buntu tersebut yang berakibat infeksi akan tersebar kedalam rongga perut, sehingga dapat terjadi infeksi pada lapisan perut atau di sebut juga PERITONITIS.

Apabila radang terus berlanjut sehingga penderita akan merasakan nyeri yang semakin hebat, tampaknya keadaan seperti ini obat antibiotika tidak berguna lagi. Yang diperlukan adalah OPERASI, tentu semua ini akan ditentukan oleh Dokter Bedah.

Pemeriksaan Penunjang : Biasanya Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik meliputi pemeriksaan Panggul, Rektum (dubur), Pemeriksaan Laboratorium darah. Urin, Rontgen Abdomen (perut), USG (bila perlu), CT SCAN (bila perlu).

Usus buntu atau sekum (Bahasa Latin: caecus, "buta") dalam istilah anatomi adalah suatu kantung yang terhubung pada usus penyerapan serta bagian kolon menanjak dari usus besar. Organ ini ditemukan pada mamalia, burung, dan beberapa jenis reptil. Sebagian besar herbivora memiliki sekum yang besar, sedangkan karnivora eksklusif memiliki sekum yang kecil, yang sebagian atau seluruhnya digantikan oleh umbai cacing.



Komentar

Anak Kumala Hapsari mengatakan…
Trims ya mas taqiem (Kalau bisa Blog ini mengijinkan komentar anonymous, ok tdk semua orang punya Account Google/Blogger
Leo RaZa mengatakan…
Wah bagus jua ich tampilannya, kalu bisa dikembangkan terus dan artikelnya ditambah ok !

Postingan Populer